-->

Sejarah Facebook Dan Pendirinya


 Facebook, jika kita membicarakannya maka yang terlintas di pikiran kita adalah salah satu media sosial yang sedang populer saat ini, yang memungkinkan semua orang dapat terhubung satu sama lainnya. Dengan Facebook kita bisa berbagi kabar berita, berbagi gambar atau foto, berbagi video dan melihat apa yang di bagikan orang lain serta dapat mengomentarinya.

Apakah Facebook hanya sebatas itu ? Banyak hal yang tidak di ketahui oleh orang-orang, bahkan bagi yang memiliki akunnya sekalipun. Jika anda termasuk orang yang belum mengetahui semua rahasia dan sejarahnya, mari simak artikel ini yang akan membahas tentang sejarah Facebook dan pendirinya.

Mengenal Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg,Pendiri Facebook

 Mark Elliot Zuckerberg, atau yang kita kenal dengan Mark Zuckerberg lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York, Amerika. Dia merupakan seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet. Mark merupakan mahasiswa drop-out dari Universitas Harvard yang merupakan pencetus utama sekaligus salah satu pendiri Facebook.

Jika ada orang yang bisa di bandingkan dengan Bill Gates, Mark Zuckerberg-lah salah satu orang yang tepat. Keduanya sama-sama mahasiswa drop-out dari Universitas Harvard dan keduanya sama-sama mendapatkan kesuksesan di usia muda. Jika Bill Gates menciptakan Microsoft, maka Mark Zuckerberg menciptakan Facebook, yang kedua perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi internet saat ini.

Di Ciptakannya Facemash Sebagai Cikal Bakal Facebook

 Saat Mark Zuckerberg sebagai mahasiswa tahun kedua Universitas Harvard, tepatnya tanggal 28 Oktober 2003, Mark menciptakan Facemash.com. Situs ini mirip dengan Hot or Not dimana situs ini memperbolehkan pengunjungnya yang kebanyakan dari mahasiswa Harvard untuk membandingkan 2 foto mahasiswa yang mana yang lebih seksi. Sementara foto-foto yang dia publish ke situsnya di dapatkan dengan cara meretas jaringan komputer Harvard.

Di luar dugaan, ternyata Facemash yang di buatnya mendadak terkenal. Itu semua terbukti pada saat empat jam pertama mengudara situs tersebut mendaptkan 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto. Namun, perbuatan Mark meretas dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama itu di ketahui oleh administrasi Harvard yang bertanggung jawab terhadap keamanan jaringan komputer di Universitas tersebut.

Keesokan harinya, mahasiswa yang fotonya di publish oleh Mark banyak yang melakukan protes, dan dia pun mendapatkan hukuman karena di tuduh telah menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu serta terancam di keluarkan. Namun akhirnya hukuman itu di batalkan oleh pihak kampus.

Dengan adanya insiden Facemash itulah Mark menyimpulkan bahwa sebenarnya orang-orang sangat senang melihat foto orang lain di internet. Dan di awal-awal tahun 2004 Mark di ajak bekerja sama oleh Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss dan Divya Narendra untuk membantu mereka membuat harvardconnection.com, yang merupakan situs jejaring sosial. Ketiga orang tersebut merupakan mahasiswa senior di Universitas Harvard. Mereka mengajak Mark karena situs tersebut membutuhkan pemrograman tingkat tinggi, dan menurut mereka Mark adalah orang yang tepat untuk membantunya.

Namun, diam-diam saat itu juga Mark mulai menulis kode untuk membuat situs web barunya sendiri. Situs web tersebut dia namakan dengan The Facebook yang beralamat di http://www.thefacebook.com Dan barulah pada 4 Februari 2004 situs tersebut di luncurkan. Dalam waktu 24 jam peluncuran The Facebook, 1.200 mahasiswa Harvard sudah mendaftarkan diri mereka di situs tersebut. Jumlah itu setara dengan setengahnya jumlah seluruh mahasiswa tingkat akhir.

Setelah enam hari situs ini di luncurkan, ke tiga senior Harvard tersebut menuduh Mark menggunakan ide mereka utuk membuat situs saingan dari Harvard Connection, yaitu The Facebook. Lalu mereka juga mengajukan tuntutan hukum kepada Mark, namun akhirnya permasalahan tersebut dapat diselesaikan.

Di awalnya, keanggotaan The Facebook hanya di batasi untuk Mahasiswa Harvard College saja. Dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard sudah mendaftarkan dirinya di situs ini. Karena antusiasme dari pendaftar mulai menimbulkan kesulitan, Mark sadar tidak bisa menanganinya sendiri, dia membutuhkan partner untuk mengembangkannya. Lalu dia mengajak teman terdekatnya, Eduardo Saverin yang juga merupakan teman satu kamarnya di Harvard.

Setelah Mark Zuckerberg membicarakan tentang situs webnya kepada Eduardo Saverin, akhirnya mereka sepakat untuk mengembangkannya bersama dengan status kepemilikan 70% untuk Mark Zuckerberg dan 30% untuk Eduardo Saverin yang juga memberikan investasi senilai $1.000. Mark juga mengajak teman sekamar lainnya, Dustin Moskovitz yang kemudian menerima status kepemilkan 5% yang di berikan oleh Mark sehinga status kepemilikan Mark sendiri berkurang menjadi 65%. Dan teman Mark lainnya, Andrew McCollum dan Chris Hughes ikut membantu mempromosikan The Facebook.

Pada bulan Maret 2004, The Facebook sudah tersebar di Stanford, Columbia, dan Yale. Kemudian secara perlahan menyebar ke beberapa univeritas di Kanada dan Amerika Serikat. Dengan perkembangannya yang semakin meluas, tentu menjadi perhatian banyak orang. Tidak terkecuali Sean Parker, dia adalah sosok yang membantu mendirikan beberapa perusahaan internet seperti Napster, Plaxo, Causes dan Airtime.

Sean Parker mengetahui The Facebook dari laptop teman kencannya, dia sangat tertarik dan memutuskan untuk segera bertemu dengan pendiri situs tersebut yang tak lain adalah Mark Zuckerberg. Sejak pertemuan pertamanya, Sean Parker sering bertemu dengan Mark Zuckerberg untuk memberikan berbagai saran, bisa di bilang sebagai penasehatnya secara tidak formal.

Perkembangan The Facebook yang begitu positif justru berbanding terbalik dengan hubungan Mark dan Eduardo, mereka bertengkar setelah keduanya berselisih faham. Eduardo menilai saat itu The Facebook sudah dapat di jadikan sumber penghasilan dengan memasang iklan di dalamnya, sementara Mark tidak menyetujuinya karena The Facebook di nilai belum siap dan masih dalam tahap pengembangan.

Mark memang termasuk orang yang tidak begitu tertarik dengan uang,terbukti sebelum dia menciptakan Facebook dia pernah menciptakan aplikasi pemutar mp3, lalu aplikasi buatannya itu mendapatkan tawaran dari Microsoft namun dia menolaknya.

Perubahan Nama "The Facebook" Menjadi "Facebook"

Sejarah Facebook Dan Pendirinya

 Pada bulan Juni 2004, The Facebook mendapatkan investasi pertamanya sebesar $500.000 dari Peter Thiel, yang merupakan pendiri pendamping PayPal. Dan di bulan itu juga The Facebook memutuskan untuk memindahkan kantor pusatnya ke Palo Alto, California. Sementara Sean Parker yang di anggap memiliki jasa karena sering memberikan saran kepada Mark Zuckerberg,diangkat sebagai presiden perusahaan.

Beberapa bulan berikutnya Facebook kembali mendapatkan investasi sebesar $12.700.000 dari Accel dan $27.500.000 dari Gerylock Partners yang membuat nilai perusahaan menjadi $40.000.000. Facebook sendiri baru di resmikan pada tahun 2005 setelah The Facebook membeli nama domain Facebook.com dengan nilai $200.000. Sejak saat itulah nama perusahaan tersebut melakukan pemenggalan kata "The" sehingga namanya hanya "Facebook" seperti yang kita kenal sampai sekarang.

Perkembangan Facebook terus terjadi,pada September 2005 Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas, lalu Facebook juga memperluas anggotanya kepada para karyawan beberapa perusahaan termasuk Apple Inc dan Microsoft. Dan di akhir 2005 Facebook telah menyebar di US, Canada, Mexico, UK, Australia, New Zeland dan Irlandia. Ujungnya pada tanggal 26 September 2006 Facebook di buka untuk setiap orang yang berusia 13 tahun ke atas yang memiliki alamat email.

Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto. Facebook juga mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, di bandingkan dengan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickir yang membatasi jumlah yang dapat di unggah seseorang.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta yang membuat nilai perusahaan Facebook menjadi $15 miliar. Dan pada bulan November 2010 SecondMarket Inc.,sebuah bursa saham perusahaan swasta nilai Facebook mencapai $41 milyar dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.

Mungkin beberapa dari anda ada yang sudah menonton film "The Social Network", film yang di rilis pada tanggal 3 November 2010 adalah sebuah film yang menceritakan sejarah Facebook dan perjalanan Mark Zuckerberg yang menciptakan Facebook dan terus mengembangkannya sampai seperti yang sekarang kita tahu.

Saat ini Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Sementara mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zukerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1-2% masing - masing, Microsoft 1,3%, Li Ka-Shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, Sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebritis masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, Sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya di miliki oleh karyawan, sejumlah selebriti dan investor asing.

Demikianlah kisah atau Sejarah Facebook Dan Pendirinya, Mark Zuckerberg. Perkembangan di bidang teknologi memang selalu menarik untuk di simak. Namun seiring berjalannya waktu, catatan sejarah teknologi akan selalu bertambah. Dan mungkin anda yang akan menuliskan sejarah dalam bidang teknologi berikutnya. Bagaimana menurut anda ?

1 Response to "Sejarah Facebook Dan Pendirinya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel