-->

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dan Penyebabnya

 Rasa malas memang kerap kali di alami oleh semua orang, dan tentunya kita ingin menghindarinya serta membuang jauh-jauh rasa malas tersebut. Terutama bagi mereka yang sedang serius belajar ataupun berkarir.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dan Penyebabnya

Namun, yang menjadi permasalahan adalah menghilangkan rasa malas ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak orang yang kesulitan dalam menangani rasa malas ini. Lalu, apakah rasa malas ini merugikan ? Jelas sangat merugikan, bahkan ini menjadi sinyal bahaya untuk anda! Jika permasalahan ini sedang anda alami, maka anda harus tahu penyebab dari rasa malas ini serta cara mengatasinya. Berikut ini kiat-kiat dalam mengatasi rasa malas dan mengenali penyebabnya:


1. Susah Bangun Pagi

 Apakah anda termasuk orang yang susah untuk bangun di pagi hari? Jika iya, maka mulai sekarang anda harus segera menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Karena apabila anda melewatkan pagi hanya dengan berbaring di atas tempat tidur, maka anda akan kehilangan beberapa momen terpenting dalam hari anda.

Seperti anda tidak bisa menikmati sejuknya udara pagi hari yang akan membuat badan dan fikiran anda menjadi lebih segar dan bugar kembali. Bangun pagi juga memungkinkan kita untuk mengerjakan sesuatu lebih awal, sehingga kita bisa menyelesaikannya lebih cepat dan waktu kita juga menjadi lebih efisien.

Maka, mulai dari sekarang anda harus menghindari hal-hal yang menyulitkan anda untuk bangun pagi ini. Yang pertama hindari kebiasaan begadang, jangan tidur larut malam kecuali memang terpaksa karena ada tugas sekolah atau pekerjaan, itupun jangan sampai mengambil banyak waktu istirahat anda. Tapi, jika anda begadang hanya untuk hal-hal yang tidak perlu, seperti untuk main dengan teman atau menonton TV, sebaiknya ini harus segera di hentikan, usahakan jangan tidur di atas jam sembilan.

Kedua jangan pernah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein berlebihan, seperti terlalu banyak meminum kopi atau teh. Karena akan mengakibatkan gelisah, cemas yang berlebihan dan gangguan tidur lainnya seperti frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Selanjutnya stres, stres adalah hal yang di alami oleh semua orang. Anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak jika terlalu banyak pikiran dalam kepala anda. Stres ini bisa jadi karena pelajaran, pekerjaan, atau masalah pribadi anda. Namun, yang harus di garis bawahi adalah bagaimana anda mengendalikannya agar anda tetap bisa menjaga kestabilan emosi dan mental anda. Carilah solusi yang tepat untuk meredamnya, cobalah untuk mencari atmosfir baru agar suasana hati anda lebih tenang.

Jika di jelaskan lebih detail, mungkin masih banyak yang harus saya tuliskan mengenai kiat-kiat untuk bisa bangun pagi ini. Tapi, setidaknya lakukanlah hal-hal yang sederhana dulu seperti di atas untuk merubah pola tidur anda agar lebih baik lagi.

2. Tidak Punya Tujuan Hidup

 Kebanyakan pemalas adalah orang-orang yang tidak mempunyai rutinitas atau kegiatan positif yang terjadwal. Biasanya mereka hanya mengisi hari dengan tidur di siang hari, dan begadang di malam hari. Itu bisa terjadi pada semua orang, jika orang tersebut tidak punya tujuan hidup. Mereka hanya menikmati saat ini, tanpa berfikir bagaimana mereka di masa yang akan mendatang.

Jadi, penting sekali untuk memiliki tujuan atau target dalam hidup ini, karena ini yang akan menentukan seperti apa masa depan anda nanti. Milikilah mimpi setinggi langit, selama mimpi itu gratis, dan jangan sampai takut untuk jatuh dan gagal. Bukankah lebih baik gagal setelah berusaha daripada tidak sama sekali.

Tapi, yang terpenting tentunya usahakan mimpi itu agar menjadi kenyataan, jangan hanya di simpan saja dan menunggu mimpi anda di ambil oleh orang lain. Hidup ini memang singkat, tapi akan sangat berarti jika anda melewatinya dengan melakukan hal-hal yang anda sukai dan bermanfaat. Ingat, waktu itu lebih berharga daripada uang, karena uang tidak bisa mengembalikan waktu anda yang sudah terbuang sia-sia.

Pergunakanlah waktu yang anda miliki sekarang dengan melakukan hal-hal positif. Jika anda sulit menentukan mimpi anda, mulailah dengan membuat konsep atau catatan target anda hari ini, minggu ini, bulan ini, bulan yang akan datang atau bahkan beberapa tahun yang akan datang sehingga anda akan terpacu untuk terus berusaha. Dan jika anda gagal, anda harus tahu bahwa selama anda memiliki waktu, berarti anda masih memiliki kesempatan.

3. Terlalu Puas Diri Dengan Pencapaiannya

 Sebenarnya tidak ada salahnya jika kita berpuas diri dengan semua pencapaian yang sudah kita raih.Tapi, yang menjadi masalah adalah jika kita berpuas diri secara berlebihan. Itu akan membuat apa yang kita kerjakan menjadi kurang maksimal. Kalaupun anda ingin mengukur seberapa besar pencapaian anda, ukurlah dari mulai pertama anda menentukan tujuan, lalu bandingkan kembali hasil pencapaian tersebut dengan tujuan anda yang sebenarnya, apakah pencapaian anda itu sudah sesuai dengan tujuan atau masih membutuhkan banyak usaha untuk mencapainya.

4. Tidak Mempunyai Semangat Dan Motivasi

 Jika anda sudah bangun pagi, anda juga sudah menyiapakan rencana untuk di lakukan, tapi ternyata anda tetap saja malas untuk melakukannya. Lalu apa yang sebenarnya salah? Anda sama sekali tidak melakukan kesalahan, hanya saja ada satu hal yang kurang pada diri anda, yaitu semangat. Semangat bisa di ibaratkan bahan bakar pada sebuah kendaraan yang menjadi sumber energi. Jika anda tidak memiliki semangat maka anda seperti tidak mempunyai kekuatan untuk mengangkat kaki anda agar bisa melangkah.

Semangat merupakan hal yang wajib di miliki oleh seseorang dalam mengejar impiannya. Semangat di butuhkan agar seseorang tidak mudah putus asa saat mengalami kegagalan. Dengan semangat, berapa kalipun dia terjatuh, dia akan tetap bangkit dan tetap melangkah maju ke depan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap semangat? Anda bisa mendapatkannya dengan meminta dukungan dari orang-orang terdekat anda, seperti keluarga, dan sahabat. Anda juga harus berfikir bahwa anda mengejar impian anda bukan hanya untuk diri anda sendiri, tapi juga untuk orang-orang yang anda cintai. Maka dari sinilah akan muncul semangat yang menggerakan anda untuk terus berusaha.

Namun, jika orang lain tidak mendukung anda, percayalah bahwa ada satu orang yang selalu setia mendukung semua yang anda lakukan, yaitu diri anda sendiri. Motivasi diri juga sangat di perlukan di sini, agar anda tetap maju walaupun orang lain berusaha untuk menjatuhkan anda. Terkadang kesuksesan seseorang itu justru dapat di lihat dari seberapa besar motivasi diri yang di milikinya.

5. Niat Yang Salah

 Segala sesuatu yang di awali dengan baik, pasti hasilnya akan lebih maksimal. Namun sebaliknya jika kita salah dalam berniat, maka apa yang anda lakukan hasilnya akan berantakan. Apapun usaha kita, hasilnya seakan selalu kurang maksimal. Dan pada akhirnya kita menjadi malas untuk berusaha. Jadi, sebelum kita melakukan sesuatu, niatkanlah dalam hati kita tujuan yang baik. Agar sekeras apapun rintangan yang akan kita hadapi, kita akan tetap semangat dan maju meraih apa yang kita inginkan.

Demikianlah tips dan trik mengenai Cara Menghilangkan Rasa Malas Dan Penyebabnya yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

0 Response to "Cara Menghilangkan Rasa Malas Dan Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel