-->

Sejarah Dan Pengertian Microsoft Office Serta Perkembangannya

  Jika di ingat-ingat sudah cukup lama juga saya menelantarkan blog ini. Hal tersebut terjadi karena akhir-akhir ini saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan offline. Tapi setelah di pertimbangkan kembali, akhirnya saya memutuskan untuk menulis lagi di blog yang sederhana ini dan berusaha mengembangkannya, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain.

Sejarah dan Pengertian Microsoft Office Serta Perkembangannya

Sesuai dengan judul di atas, artikel kali ini akan membahas berbagai hal menyangkut Microsoft Office. Seperti di kutip dari Wikipedia, Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

"Lalu bagaimana sebenarnya sejarah di balik terciptanya perangkat lunak perkantoran besutan Microsoft ini?"

Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Sejarah Microsoft Office Dan Perkembangannya

 Di lansir dari Wikipedia, Microsoft Office di umumkan pertama kali oleh Bill Gates pada tanggal 1 Agustus 1988, di COMDEX, Las Vegas. Dan pada awalnya, Microsoft Office di pasarkan untuk satu set paket aplikasi, dimana versi pertamanya berisi Microsoft Word , Microsoft Excel , dan Microsoft PowerPoint . Namun, di sini juga tertera bahwa peluncuran pertama Microsoft Office di lakukan pada tanggal 19 November 1990 seperti pada gambar berikut :
Data-Microsoft-Office
Image By https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office  

Selama bertahun-tahun aplikasi office mengalami berbagai perkembangan dan sudah di lengkapi dengan  fitur berbagi seperti spell checker umum, OLE integrasi data dan Visual Basic untuk Aplikasi bahasa scripting. Dan pada tanggal 10 Juli 2012, Softpedia melaporkan bahwa Office digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Versi yang paling banyak digunakan adalah versi desktop, tersedia untuk PC yang menjalankan sistem operasi Windows dan MacOS. Dan versi desktop terbaru adalah Office 2016 untuk Windows dan MacOS / OS X, yang dirilis pada 22 September 2015 dan 9 Juli 2015.

Microsoft juga sudah mengembangkan Office Mobile, yaitu versi gratis untuk pengguna aplikasi Office perangkat mobile. Semuanya tersedia dan didukung untuk iOS, Android, Windows 10 dan Windows 10 Mobile.

Dan dengan munculnya teknologi cloud computing, Microsoft mampu memproduksi dan menjalankan Office Online, yaitu office yang berbasis web dari aplikasi Office inti, yang termasuk sebagai bagian dari akun Microsoft.

Baca juga : Pengertian Dan Sejarah Internet di Indonesia dan Dunia

Seperti yang kita ketahui, bahwa Microsoft adalah salah satu perusahaan yang selalu melakukan berbagai inovasi cerdas pada semua produknya. Dan hal tersebutlah yang menjadikannya sebagai salah satu perusahaan yang memiliki peranan penting dalam industri teknologi di abad 21 ini.

Dan berikut ini adalah perkembangan dari salah satu produknya, yaitu microsoft office.

Tahun 1990 – Microsoft Office For Windows (Office 1.0)

Berisi kombinasi dari Word 1.1, Excel 2.0 dan PowerPoint 2.0 dirilis pada bulan November 1990.

Tahun 1991 – MS Office 1.5 – Peningkatan Excel (dengan Word 1.1 & PowerPoint 2.0)

Tahun 1992 – MS Office 3.0 For Windows (Office 92 pada CD-ROM)

Microsoft Office 3.0 merupakan rilis terbesar kedua dari Microsoft Office untuk sistem operasi Microsoft Windows, sebelumnya Microsoft Office 95. Menghilangkan versi 2 seluruhnya, kemudian Microsoft merilis Office 3.0 pada 30 Agustus 1992.

Komponen utamanya termasuk Word 2.0c, Excel 4.0a, PowerPoint 3.0, dan mail. Kemudian Microsoft Office mengganti namanya dari Microsoft Office 3.0 menjadi "Office 92"

Tahun 1994 - Office 4.0 For Windows

Ada satu upgrade kecil untuk Excel antara Office 3.0 dan Office 4.0. Sementara untuk versi PowerPoint masih sama, yaitu 3.0. Dan perubahan terbesar adalah MS Word yang sudah memiliki fitur antarmuka yang lebih banyak dan lebih berfokus pada format.

Tahun 1995 - Office 95 / Microsoft Office for Windows 95

 Microsoft Office 95, yang juga dikenal sebagai Microsoft Office for Windows 95, dirilis pada 24 Agustus 1995. Office 95 adalah versi Microsoft Office yang dirancang khusus untuk Windows 95, dan digantikan oleh Office 97 pada 19 November 1996.

Microsoft Office 95 meliputi enam aplikasi, yaitu Word (word processor), Excel (spreadsheet), PowerPoint (program presentasi), Access (sistem manajemen database), Schedule + (aplikasi manajemen waktu) dan Binder.

November 1996 - Microsoft Office 97
Gambar-Ilustrasi-Office97
Image By https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_97

Microsoft Office 97  Dirilis pada tanggal 19 November 1996 ,  ini adalah versi terakhir yang mendukung Windows NT 3.51 di komputer i386 dan DEC Alpha . (Hanya Word dan Excel yang tersedia untuk Alpha.) Dua rilis layanan (SR-1 dan SR-2) dikeluarkan untuk Office 97.

Microsoft Office 97 hadir dengan mencakup ratusan fitur dan perbaikan baru dari pendahulunya. Dimana saat itu Microsoft Office 97 memperkenalkan "Command Bars," sebuah paradigma di mana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan kemampuan dan desain visual. Ini juga menampilkan sistem bahasa alami dan pemeriksaan tata bahasa yang canggih.

Microsoft Office 97 merupakan versi pertama Office yang menampilkan Asisten Office , sebuah fitur yang dirancang untuk membantu pengguna dengan cara karakter animasi interaktif, yang dihubungkan dengan konten bantuan Office. Asisten defaultnya adalah "Clippit", dijuluki "Clippy", sebuah penjepit kertas. Fitur asisten kantor disertakan dalam Microsoft Office 2000 , XP ( disembunyikan secara default) dan 2003 (tidak terinstal secara default).

Rilis Office 97 terbagi dalam lima edisi, seperti pada gambar berikut :
Gambar Tabel Rilis Office97
Image By https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_97


Maret 1999 - Microsoft Office 2000 

Gambar Ilustrasi Office2000
Image by https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_2000 

Microsoft Office 2000 di rilis pada tanggal 29 Maret 1999, dan mulai di ecerkan pada tanggal 7 Juni 1999. Office 2000 merupakan penerus dari Office 97, dan pendahulu untuk Office XP.

Fitur terbaru yang ada pada Office 2000 mencakup pembuatan dokumen HTML dan penerbitan Fitur kolaborasi internet seperti integrasi dengan NetMeeting, Dukungan profil pengguna roaming, Versi terbaru dari Asisten Kantor, Dan perbaikan antarmuka baru termasuk menu dan toolbar pribadi yang menghilangkan perintah yang jarang digunakan dari antarmuka.

Selain itu, Office 2000 memperkenalkan PhotoDraw , program pencitraan raster dan vektor ; Dan Komponen Web . Office 2000 menawarkan peningkatan penyesuaian pada tahun 2000 dan merupakan versi pertama dari Office yang menggunakan Windows Installer untuk proses instalasi.

Microsoft secara global merilis lima edisi utama Office 2000, yaitu Standard , Small Business , Professional , Premium , dan Developer . Edisi Personal tambahan eksklusif untuk Jepang juga dirilis. Semua edisi ritel Office 2000 yang dijual di Australia , Brasil , China , Prancis , dan Selandia Baru , serta salinan akademis yang dijual di Kanada dan Amerika Serikat , mengharuskan pengguna untuk mengaktifkan produk melalui Internet .

Microsoft memperpanjang persyaratan ini ke edisi ritel yang dijual di Kanada dan Amerika Serikat dengan ketersediaan Office 2000 Service Release 1. Aktivasi produk bagaimanapun dinonaktifkan di Office 2000 setelah 15 April 2003.

Office 2000 mendukung Windows 95 , Windows NT 4.0 SP3, Windows 98 , dan Windows Me . Ini adalah versi terakhir dari Office yang mendukung Windows 95 sebagai penerusnya, Office XP, tidak kompatibel.

Microsoft merilis total tiga paket layanan untuk Office 2000 selama masa pakainya. Pembaruan pertama disebut Service Release 1 (SR-1), sementara pembaruan berikutnya disebut sebagai paket layanan.Dukungan arus utama untuk Office 2000 berakhir pada tanggal 30 Juni 2004, dan perpanjangan dukungan berakhir pada tanggal 14 Juli 2009.

Dan berikut tabel dari lima edisi Office yang berbeda :
Gambar Tabel Lima Edisi Office2000
Image by https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_2000



Mei 2001 - Microsoft Office XP


Microsoft Office XP di luncurkan pertama kali pada tanggal 31 Mei 2001. Beberapa fitur terbaru pada Office XP antara lain menyertakan tag pintar , fitur pencarian berbasis pilihan yang mengenali berbagai jenis teks dalam sebuah dokumen, sehingga pengguna dapat melakukan tindakan tambahan. 

Selain itu terdapat juga kemampuan kolaborasi dokumen baru, dukungan untuk MSN Groups dan SharePoint, serta pengenalan tulisan tangan dan kemampuan pengenalan suara yang terintegrasi

Dengan Office XP, Microsoft memasukkan beberapa fitur untuk mengatasi masalah keandalan yang diamati pada Office versi sebelumnya. Office XP juga memperkenalkan Document Imaging terpisah, Document Scanning , dan utilitas Clip Organizer. Office Assistant yang diperkenalkan di Office 97 dinonaktifkan secara default di Office XP, yang merupakan elemen kunci kampanye Microsoft untuk produk tersebut setelah penerimaan negatif fitur ini.

Office XP tidak kompatibel dengan Windows 95, tapi kompatibel dengan Windows NT 4.0 Service Pack 6, Windows 98 , Windows 2000 , dan Windows ME . Ini adalah versi terakhir yang mendukung Windows NT 4.0, Windows 98, dan Windows ME sebagai penggantinya.

Microsoft merilis total tiga paket layanan untuk Office XP selama masa pakainya. Dukungan arus utama untuk Office XP berakhir pada tanggal 11 Juli 2006 dan perpanjangan dukungan berakhir pada tanggal 12 Juli 2011.

Produk komponen Office XP dikemas bersama di berbagai suite. Beberapa edisi ini tersedia sebagai paket ritel dalam versi penuh atau versi upgrade , yang lain adalah versi OEM lengkap untuk disertakan dengan PC baru, dan masih ada yang lain sebagai versi lisensi volume yang tidak memerlukan aktivasi . Semua edisi menyediakan komponen inti Word, Excel, dan Outlook, dan semua edisi kecuali edisi Small Business yang disediakan PowerPoint.

Berikut Tabel Edisi dari Microsoft Office XP :
Gambar Tabel Edisi Microsoft OfficeXP
Image by https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_XP

Agustus 2003 - Microsoft Office 2003



Gambar Ilustrasi Microsoft Office 2003


Microsoft Office 2003 di luncurkan pertama kali pada tanggal 19 Agustus 2003. Beberapa fitur terbaru pada Office 2003 mencakup pengelolaan hak informasi, Fitur kolaborasi baru, Dukungan yang lebih baik untuk SharePoint, smart tag , dan XML, serta penggunaan layanan Office Online yang lebih luas.

Office 2003 memperkenalkan dua program baru ke jajaran produk Office. Yaitu InfoPath , sebuah program untuk merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur. Dan OneNote , sebuah program pencatatan untuk membuat dan mengatur diagram, grafik, catatan tulisan tangan, rekaman audio, dan teks. Ini juga memperkenalkan perangkat lunak grafis Manajer Gambar untuk membuka, mengedit, mengelola, dan berbagi gambar digital.

Office 2003 adalah versi terakhir dari Office yang menyertakan bilah menu dan bilah alat di semua program, dan juga versi terakhir yang menyertakan format file " 97 - 2003 " sebagai default. Office 2003 kompatibel dengan Windows 2000 dan Windows XP, dan tidak didukung pada Windows 98 , Windows ME , atau Windows NT 4.0 . Office 2003 adalah versi terakhir dari Office yang kompatibel dengan Windows 2000, karena Office 2007 memerlukan Windows XP atau versi yang lebih baru.

Microsoft merilis total tiga paket layanan untuk Office 2003 sepanjang masa pakainya. Service Pack 1 dirilis pada tanggal 27 Juli 2004, Service Pack 2 dirilis pada tanggal 27 September 2005, dan Service Pack 3 dirilis pada tanggal 17 September 2007. Dukungan arus utama untuk Office 2003 berakhir April 14, 2009, dan dukungan diperpanjang berakhir pada tanggal 8 April 2014.

Microsoft Office 2003 terbagi menjadi lima edisi, yaitu Edisi Dasar, Siswa dan Guru, Standar, Usaha Kecil, dan Profesional. Edisi Dasar hanya tersedia untuk produsen peralatan asli . Edisi Siswa dan Guru dijual melalui jalur akademis dengan harga yang lebih rendah. Semua produk Microsoft Office 2003 tersedia sebagai produk mandiri.

Berikut Tabel Edisi Microsoft Office 2003 :

Gambar Tabel Edisi Microsoft Office 2003
Image by https://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office_2003

Januari 2007 - Microsoft Office 2007
Gambar Ilustrasi Microsoft Office 2007
Image By Google Image

Microsoft Office 2007 di rilis pertama kali pada tanggal 3 November 2006, kemudian tersedia untuk umum dalam bentuk Volume Lisensi pada 30 November 2006.

Office 2007 memperkenalkan antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface. Office 2007 juga memperkenalkan format file Office Open XML sebagai format file default di Excel , PowerPoint , dan Word . Format baru ini dimaksudkan untuk memudahkan berbagi informasi antar program, meningkatkan keamanan, mengurangi ukuran dokumen, dan memungkinkan skenario pemulihan baru.

Lalu Office 2007 juga menyertakan aplikasi baru dan alat sisi server, yaitu Microsoft Office Groove , sebuah paket kolaborasi dan komunikasi untuk bisnis kecil, yang pada awalnya dikembangkan oleh Groove Networks sebelum diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2005. Juga termasuk Office SharePoint Server 2007 , sebuah Revisi ke platform server untuk aplikasi Office, yang mendukung Excel Services , arsitektur client-server untuk mendukung buku kerja Excel yang dibagi secara real time antara beberapa mesin, dan juga dapat dilihat dan dapat diedit melalui halaman web.

Saat pengembangan, versi beta pertama dari Microsoft Office 2007, yang disebut Beta-1 dalam email yang dikirim ke sejumlah kecil penguji, dirilis pada 16 November 2005. Beta-1 Technical Refresh dirilis ke penguji pada tanggal 13 Maret 2006.

Office 2007 Beta 2 diumumkan oleh Bill Gates di WinHEC 2006, dan pada awalnya diluncurkan ke publik tanpa biaya dari situs web Microsoft. Namun, karena jumlah unduhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, biaya sebesar $ 1,50 diperkenalkan untuk setiap produk yang diunduh setelah 2 Agustus 2006. Versi beta diperbarui pada tanggal 14 September 2006 di Beta 2 Technical Refresh (Beta2TR). Ini termasuk antarmuka pengguna yang diperbarui, dukungan aksesibilitas yang lebih baik, peningkatan dalam ketahanan platform, dan fungsionalitas yang lebih besar.

Sejak rilis awal Microsoft Office 2007, tiga paket layanan yang berisi update serta fitur tambahan telah dirilis. Paket Layanan Microsoft Office 2007 bersifat kumulatif, jadi Paket Layanan sebelumnya bukanlah prasyarat untuk pemasangan.

April 2010 - Microsoft Office 2010


Gambar Ilustrasi Microsoft Office 2010


Image By Google Image

Microsoft Office 2010 dirilis pertama kali pada tanggal 15 April 2010, dan kemudian tersedia untuk pembelian eceran dan online pada tanggal 15 Juni 2010. Ini adalah penerus Microsoft Office 2007 dan pendahulu Microsoft Office 2013 . Penelitian dan pengembangan Office 2010 dimulai pada tahun 2006, sebelum rilis pendahulunya.

Office 2010 memperkenalkan perangkat tambahan antarmuka pengguna termasuk antarmuka tampilan Backstage yang mengkonsolidasikan perintah pengelolaan dokumen ke satu lokasi.  Office 2010 merupakan versi terakhir dari Office yang kompatibel dengan Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008 sebagai penggantinya, Office 2013, tidak mendukung sistem operasi ini.

Kehadiran Microsoft Office 2010 ini juga adalah awal dari terciptanya Office Online (sebelumnya Office Web Apps), kumpulan versi Excel berbasis web gratis, OneNote , PowerPoint, dan Word. Respon terhadap Office 2010 pada umumnya positif, dan banyak yang memuji tampilan belakang Backstage yang baru pada Office 2010.

Microsoft merilis total dua paket layanan untuk Office 2010, yang terutama ditujukan untuk mengatasi bug perangkat lunak . Paket Layanan 1 (SP1) dan Paket Layanan 2 (SP2) dirilis bersamaan dengan pemutakhiran untuk Office Online, Penampil PowerPoint , Proyek , SharePoint , Perancang SharePoint , Visio , Visio Viewer , dan Word Viewer .

Oktober 2012 - Microsoft Office 2013


Gambar Ilustrasi Microsoft Office 2013

Image By Google Image

Microsoft Office 2013 mulai di kembangkan pada tahun 2010 dan berakhir pada 11 Oktober 2012. Lalu pada tanggal 29 Januari 2013 Office 2013 sudah tersedia untuk umum. Versi ini mencakup fitur baru seperti dukungan integrasi untuk layanan online (termasuk OneDrive , Outlook.com , Skype , Yammer and Flickr ), dukungan format yang lebih baik untuk Office Open XML (OOXML), OpenDocument (ODF) dan Portable Document Format (PDF) dan dukungan untuk multi-touch interfaces.

Microsoft Office 2013 hadir dalam dua belas edisi berbeda, termasuk tiga edisi untuk gerai ritel, dua edisi untuk saluran lisensi volume, lima edisi berbasis langganan yang tersedia melalui program Microsoft Office 365 , edisi aplikasi web yang dikenal sebagai Office Web Apps dan edisi Office RT dibuat untuk tablet dan perangkat mobile. Aplikasi Web Office tersedia gratis di web meskipun perusahaan dapat memperoleh instalasi lokal dengan harga tertentu. Aplikasi Microsoft Office dapat diperoleh secara terpisah. Ini termasuk Microsoft Visio , Microsoft Project dan Microsoft SharePoint Designer yang tidak termasuk dalam dua belas edisi.

Jika di bandingkan, Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Selain itu, akun Microsoft sekarang dapat digunakan untuk menyinkronkan setelan aplikasi Office (termasuk dokumen terbaru) antar perangkat, dan pengguna juga dapat menyimpan dokumen langsung ke akun OneDrive mereka.

Fitur baru tersebut antara lain mode baca baru di Microsoft Word dan mode presentasi di Microsoft PowerPoint. Microsoft Word juga bisa memasukkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web. Word dan PowerPoint juga memiliki fitur seperti bookmark yang menyinkronkan posisi dokumen di antara komputer yang berbeda.

Dan berikut Fitur lain dari Office 2013 :

- Tampilan datar dari antarmuka Ribbon dan animasi halus saat mengetik atau memilih (Word dan Excel).
- Visualisasi baru untuk tugas terjadwal di Microsoft Outlook.
- Layar awal yang dimodifikasi.
- Pilihan grafis baru di Word.
- Objek seperti gambar bisa bebas dipindahkan; Mereka beralih ke batas-batas seperti tepi paragraf, batas dokumen dan atau batas kolom.
- Dukungan gambar online dengan konten dari Office.com, Bing.com dan Flickr (secara default, hanya gambar di domain publik)
- Kemampuan untuk kembali ke lokasi terakhir dilihat atau diedit di Word dan PowerPoint.
- Desain slide, animasi dan transisi baru pada PowerPoint 2013.
- Dukungan untuk Outlook.com dan Hotmail.com di Outlook
- Dukungan untuk integrasi dengan Skype , Yammer dan SkyDrive
- Dukungan folder khusus IMAP
- Excel 2013 mendukung model batas baru.

0 Response to "Sejarah Dan Pengertian Microsoft Office Serta Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel